BAB I
PENDAHULUAN
MODEL KONSEP DAN TEORI KEPERAWATAN
VIRGINIA HANDERSON
VIRGINIA HANDERSON
A. Latar Belakang Kehidupan Dan
Prestasi-Prestasi Yang Diraihnya
Virginia Henderson lahir tahun 1897, anak ke lima dari 8 bersaudara di keluarganya. Ia asli dari Kansas city, Mo. Henderson menghabiskan masa pertumbuhannya di Virginia karena ayahnya membuka praktik hukum di Washington D,C.
Selama Perang Dunia I Henderson tertarik dengan ilmu perawatan. Maka tahun 1918 ia memasuki Sekolah Perawat Militer di Washington D.C. Henderson lulus tahun 1921 dan menempati posisi sebagai staf perawat di Henry Street
Visiting Nurse Service di New York. Di tahun 1922 Henderson mulai mengajar ilmu
perawatan di Norfolk Prostetan Hospital di Virginia. Lima tahun kemudian ia memasuki Teacher’s college di Universitas Colombia di mana ia berturt-turut meraih gelar B.S dan M.A bidang pendidikan perawatan. Di tahun 1929 Henderson menjadi supervisor pengajaran pada klinik Strong Memorial Hospital di Rochester, New York. Ia kembali ke Teacher’s college di tahun 1930 sebagai pengajar, memberikan pelatihan proses analitis perawatan dan praktik klinik hingga tahun 1948.
perawatan di Norfolk Prostetan Hospital di Virginia. Lima tahun kemudian ia memasuki Teacher’s college di Universitas Colombia di mana ia berturt-turut meraih gelar B.S dan M.A bidang pendidikan perawatan. Di tahun 1929 Henderson menjadi supervisor pengajaran pada klinik Strong Memorial Hospital di Rochester, New York. Ia kembali ke Teacher’s college di tahun 1930 sebagai pengajar, memberikan pelatihan proses analitis perawatan dan praktik klinik hingga tahun 1948.
Henderson menikmati karirnya yang panjang sebagai seorang penulis dan peneliti. Sementara mengajar di Teacher’s college ia menulis ulang edisi ke
empat tulisan Bertha Harmer Textbook of the Principles and Practice of Nursing and practice of Nursing setelah kematian penulisnya. Edisi ini diterbitkan tahun
1939.
Edisi kelima buku tersebut di terbitkan tahun 1955 dan memuat definisi
ilmu perawatan karya Henderson. Henderson bergabung dengan universitas Yale sejak
awal tahun 1950-an dan telah berbuat banyak bagi riset perawatan lebih jauh lewat perkumpulan ini. Mulai tahun 1959 hingga 1971. henderson mengepalai Nursing Studies Indeks Project yang di sponsori Yale. Nursing Studies Indeks ke dalam
empat jilid di lengkapi dengan indeks biografi perawatan, analisis, dan literatur
sejarah sejak tahun 1900 hingga 1959.
Di tahun 1980-an Henderson masih aktif sebagai Research Associate
Emeritus di Yale. Prestasi Henderson dan pengaruhnya dalam profesi keperawatan telah memberikan lebih dari tujuh gelar doctoral dan Christiane Reimann Award pertama kali.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Sumber-Sumber
Teoritis Untuk Pengembangan Teori
Pertama dia merevisi Textbook of the Principles and Practice of Nursing
and practice of Nursing tahuin 1939. Henderson mengenalkan karyanya untuk naskah
ini sebagai sumber yang memuatnya menyadari “perlunya membuat jadi lebih jelas tentang fungsi dari perawat. Sumber kedua adalah keterlibatanya sebagai anggota komisi pada konferensi regional Nasional Nursing Council di tahun 1946. Ketiga, penyelidikan selama lima tahun American Nurses’s Assosiation tentang fungsi
perawat menarik perhatian Henderson yang belum sepenuhnya memuaskan dengan definisi yang diadopsi oleh ANNIE ditahun 1955. ANNIE W. GOODRICH adalah seorang Dekan dari Sekolah Perawat Milliter dimana Henderson memperoleh pendidikan dasar keperawatannya dan menjadi inspirasi bagi Henderson. CAROLINE STACPOLE. Adalah profesor fisiologi pada Teacher’s College. Universitas Columbia ia mengingatkan Henderson tentang pentingnya menjaga keseimbngan fisiologi.
JEAN BROADHURST adalah professor mikrobiologi di Teacher’s College tentang pentingnya kesehatan (hygiene) dan penyucian hama berpengaruh kuat pada Henderson. DR. EDWARD THORNDIKE bekerja di Teacher College bagian psikologi. Dia memimpin studi penelitian terhadap kebutuhan-kebutuhan manusia. DR. GEORGE DEAVER adalah ahli fisika di Institue for the Crippled and Disabled
dan kemudian di rumah sakit Bellevue. Henderson mengamati bahwa tujuan dari
upaya rehabilitatif di institute tersebut adalah membangun kembali kemandirian pasien (patient independence). BERTHA HARMER
(Perawat Kanada), adalah penulis asli Textbook of the Principles and Practice of Nursing and practice of Nursing yang di revisi oleh Henderson.
Definisi Harmer tahun 1922 “Nursing is rootedin
the needs of the humanity” (perawat berakar dari kebutuhan manusiawi. IDA ORLANDO Henderson menyebutnya Orlando sebagai salah satu yang berpengaruh dalam konsepnya mengenai hubungan perawat-pasien.
B. Penggunaan bukti-bukti empiris
Henderson menggabungkan prinsip-prinsip fisiologis dan psikologis dalam konsepnya sendiri tentang nursing. Latar belakangnya dalam bidang ini berasal
dari persahabatannya dengan Stackpole dan Thorndike selama studi sarjananya di Teacher’s College.
Stackpole mendasarkan kursus fisiologinya pada diktum Claude Bernard bahwa kesehatan bergantung pada pemeliharaan getah bening (lymph) yang konstan di sekitar sel. Dari teori Bernard, dia juga mendapatkan pengetahuan pengobatan psikosomatik dan implikasinya terhadap perawatan. Dia menyatakan ”sangat jelas bahwa kesetimbangan emosional tidak bisa di pisahkan dengan kesetimbangan fisiologis, saya menyadari jika emosi merupakan interprestasi kita sesungguhnya
atas respon sel-sel terhadap fluktuasi komposisi kimiawi cairan-cairan sel.
Henderson mengenali teori-teori tepat yang didukung Throndike, hanya karena semua itu melibatkan kebutuhan-kebutuhan mendasar manusia. Meski Henderson tidak menyebut Maslow sebagai seorang yang mempengaruhinya, dia menjelaskan teori motivasi manusianya (human motivation). Maslow dalam Principles and Practice of Nursing and practice of Nursing Care edisi keenam ditahun 1978.
C.
Model Konsep dan Teori Keperawatan
Virginia Handerson
Model
konsep dan teori
keperawatan menurut Virginia
Henderson adalah model
konsep yang mencakup seluruh
kebutuhan dasar seorang
manusia , aktivitas sehari – hari dengan
memberikan gambaran tugas
perawat yaitu mengkaji individu
baik yang sakit
maupun yang sehat
dengan memberikan dukungan
kepada kesehatan ,
penyembuhan serta agar
meninggal dengan damai.
Teori
Handerson berfokus pada individu yang berdasarkan pandangannya, yaitu bahwa
jasmani(body) dan rohani(mind) tidak dapat dipisahkan.Menurut Handerson manusia
adalah unik dan tidak ada dua manusia yang sama.Hal ini pula yang mendasari
konsep Handerson tentang Humanism. Pemahaman
konsep tersebut dengan
didasari kepada keyakinan
dan nilai yang
dimilikinya di antaranya: pertama,
manusia akan mengalami perkembangan
mulai dari pertumbuhan
dan perkembangan dalam
rentang kehidupan; kedua,
dalam melaksanakan aktivitas
sehari_hari individu akan mengalami
ketergantungan sejak lahir
hingga menjadi mandiri
pada dewasa yang
dapat dipengaruhi oleh
pola asuh ,
lingkungan dan kesehatan;
ketiga, dalam melaksanakan
aktivitas sehari-hari individu
dapat dikelompokkan menjadi
tiga kelompok diantaranya
terhambat dalam melakukan
aktivitas, belum dapat
melaksanakan aktivitas dan tidak
dapat melakukan aktivitas.
Kebutuhan berikut
ini , seringkali disebut
14 kebutuhan dasar
Henderson, memberikan kerangka
kerja dalam melakukan
asuhan keperawatan ( Henderson, 1966):
1. Bernapas secara
normal, (dengan tidak
menggunakan oksigen)
2. Makan dan
minum cukup( intake dan output)
3. Eliminasi(urine
dan bowel)
4. Bergerak dan
mempertahankan posisi yang dikehendaki
5. Istirahat dan tidur
6. Memilih cara
berpakaian; berpakaian dan
melepaskan pakaian
7. Mempertahankan temperatur
tubuh dalam rentang
normal( 36-37,50C)
8. Menjaga tubuh
tetap bersih dan
rapi
9. Menghindari bahaya
dari lingkungan
1Berkomunikasi dengan
orang lain
11. Beribadah menurut
keyakinan
12. Bekerja yang
menjanjikan prestasi
13. Bermain dan
berpartisipasi dalam berbagai
bentuk rekreasi
14. Belajar,
menggali atau memuaskan
rasa keingintahuan yang
mengacu pada perkembangan
dan kesehatan normal.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Jadi pada
dasarnya keperawatan menurut
Henderson adalah membantu
individu yang sakit
dan yang sehat
dalam melaksanakan aktivitas yang
memiliki kontribusi terhadap
kesehatan dan penyembuhannya, yang
mana individu akan mampu
mengerjakan sesuatu tanpa
bantuan bila ia
memiliki kekuatan , kemauan, dan
pengetahuan yang dibutuhkan dan hal ini dilaksanakan dengan
cara membantu mendapatkan kembali kemandiriannya secepat mungkin.
Daftar
Pustaka
A. Aziz Alimul
Hidayat (2002), Pengantar Dokumentasi
Proses Keperawatan , EGC, Jakarta
Lyn Basfort dan
Oliver Slevin(2006) , Teori dan
Praktek Keperawatan , EGC, Jakarta
Potter dan
Perry(1999),” Fundamental Keperawatan”,Buku Keperawatan ,EGC, Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar